Loading...

Senin, 17 September 2012

Daya Cerna Ikan Nila Terhadap Tepung Azolla Microphylla



Usaha budidaya ikan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan pakan yang cukup dalam jumlah dan kualitasnya untuk mendukung kualitas yang maksimal. Faktor pakan menentukan biaya produksi mencapai 60% - 70% dalam usaha budidaya ikan. Sehingga perlu pengelolaan yang efektif dan efisien. Beberapa syarat bhan yang baik untuk diberikan adalah memenuhi kandungan gizi (protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral) yang tinggi, tidak beracun, mudah diperoleh, mudah diolah dan bukan sebagai makanan pokok manusia.

Ada beberapa alternatif bahan pakan yang dapat dimanfaatkan dalam penyusunan pakan salah satunya adalah tepung Azolla. Tanaman Azolla memiliki kandungan protein yang cukup tinggi 28,12% berat kering (Handajani, 2000), sedangkan Lumpkin dan Plucknet (1982) menyatakan kandungan protein pada Azolla sp sebesar 23,42% berat kering dengan komposisi asam amino esensial yang lengkap.

Kandungan protein yang tinggi dari tanaman Azolla belum dapat menggambarkan secara pasti nilai gizi yang sebenarnya. Protein yang berkualitas tinggi adalah protein yang memiliki nilai kecernaan yang tinggi dan dapat menyediakan semua asam amino essensial dalam perbandingan yang menyamai tubuh ikan. Nilai kecernaan suatu protein memberikan gambaran tentang persentase protein makanan yang dapat dicerna

Dari hasil penelitian Handajani (2006) kandungan serat kasar tepung azolla sebesar 23,06%. Tepung Azolla dimanfaatkan sebagai salah satu penyusun pakan ikanNila Gift dengan hasil daya cerna protein ikan berkisar 55,51% - 67,68%. Disamping itu dari hasil penelitian Haetami dan Sastrawibawa (2005) nilai daya cerna ikan Gurami terhadap pakan yang menggunakan tepung azolla berkisar 58,70% - 67,90%. Nilai daya cerna ini belum maksimal karena pakan yang diberikan tidak tercerna dengan baik, halini disebabkan kandungan serat kasar yang cukup tinggi pada tepung azolla. Selanjutnya Handajani, 2007 mencoba meningkatkan nilai gizi tepung azolla melalui proses fermentasi dan didapatkan hasil fermentasi tepung azolla dengan Rhizophus sp memberikan hasil yang terbaik dari beberapa fermentor, terbukti dapat menurunkankadungan serat kasar tepung azolla dari 23,06% menjadi 14,62%.

2 komentar:

  1. kami menyediakan bibit azolla microphylla,pakan alami ber protein tinggi,sangat mudah di budidayakan,cepat berkembang biak,bila anda punya kolam azolla,anda serasa punya pabrik pakan sendiri,buktikan sekarang...!!!
    pesan via nmr Hp 085264608009

    BalasHapus
  2. sedia azolla bandung - jawa barat

    kegunaan azolla :
    - penghijau dan pendingin kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam air mancur
    - pakan alternatif alami ikan gurame, nila dll / lele sbg sumber serat
    - pakan alternatif ayam, bebek, entog
    - pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit apalagi kemarau
    - bahan baku pupuk hijau dan kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut
    - sebagai pengurai limbah dan tanaman lahan kritis berair misal : bekas galian, air TPA sampah
    - kandungan dan kegunaan lain nya bisa cari di google

    salam hijau dan kembalikan tanah air kita sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia

    WHAT APPS / TELP / SMS PASTI DIBALES : 089636503911 (asli bandung)

    BalasHapus